Selasa, 06 November 2012

Cara membuat komik

Selasa, 06 Nov 2012 [UPDATE 10 May 2013]

Hallo Sobat blogger, kali ini saya akan share bagaimana cara membuat komik yang baik (ngga tau dapet ide darimana pengen nge-posting gini *wkwkwk ≧(´▽`)≦ tapi karena gue sering baca komik cita-cita gue pengen jadi Comicus / animator (≧◡≦ ) *do'ain ya.. hahaha ) ya udah to the point aja, cekidot! :


  • Tentukan Tema (kalau tak ada pesannya, cuman jadi kumpulan gambar aja *jadi intinya Tema sangat penting)
  • Tentukan Alurmu Sendiri (Setelah menentukan Tema, buatlah cerita yang lebih rinci *Plot adalah inti cerita, kalau sudah membuat plot yang sesuai ceritanya akan melebar)
  • Buat Tokoh sesuai Tema (Pokoknya buatlah tokoh yang sesuai dengan cerita, kalau ragu!? pikirkan terus, baru gambar! jangan turuti kemauan saja!)
  • Buatlah episode dengan konsisten (Bagilah cerita menjadi beberapa bagian penting, yang penting  harus jaga konsistensi cerita! kerangka cerita. buatlah konflik pembuka semenarik mungkin, kalau udah selesai 1-2 halaman itulah plot yang sempurna
  • Bikin name [bukan name=nama] (bikin panel dan dialog sebelum menggambar, caranya: buat dulu dialognya, ditulis sampai akhir cerita, lalu bagi-bagi dialog perhalaman, kalau jumlah halaman tak sesuai! dialognya bisa kamu kurangi / tambah *jangan sampai mengulangi episode yang sama ya!. Kalo sudah selesai dengan skenario saatnya bikin panel *kamu harus konsentrasi penuh saat membuatnya* boleh juga belajar bikin skenario dari film/buku
  • Saatnya bikin Name [pembagian panel] (panel harus diatur, bacanya dari kanan ke kiri, atas kebawah *tapi ada yang dari kiri ke kanan [bikin mumet ya @,@](dengan variasi bentuk panel jadi terlihat makin menarik dan tak membisankan, skenario yang ditulis sebelumnya bisa diubah mengikuti panel, pokoknya panel harus mudah dibaca dan dimengerti! (memang susah buatnya, tapi asyik)
  • Inilah peralatan membuat komik:
- Kertas: pilih ukuran B4, bisa dibeli di toko peralatan komik
- Tinta: untuk isi pena
- Pensil: ukuran B / 2B, pakai pensil otomatis juga boleh
- Penghapus: untuk menghapus garis pensil
- Mata pena: pakai yang bulat dan untuk pena G
- Scene tone: tempel beragam motif, membantu pekerjaan komik
- Pena: untuk menegaskan garis
- Penggaris: pakai yang ukuran 30 cm
- Kuas penghapus: untuk menghapus remah-remah penghapus
- White: tinta putih untuk colour poster (kalau White membeku, cairkan dengan sedikit air)

Jika peralatan sudah lengkap, kita siap menggambar. yang penting adalah semangat, teknik gambar urusan belakangan)

  • Cara memakai pen: sebelum pakai tinta, siapkan 2 botol bekas selai/ yang lain, yang satu untuk ujung pena, dan yag satunya lagi untuk kuas. Bubuhkan minyak diujung pena: 
- Celupkan ujung pena kedalam air
- hapus dengan tisu
- teteskan tinta yang berlebih
(hasil gambarmu pasti bersih)
Garis yang bagus bila dibuat dengan menarik ujung pena dari atas ke bawah. Rambut, mata, dan benda-benda kecil bisa dibuat dengan pena bulat. Kalau untuk muka dan badan pakai Pen G. Selesai dipakai celupkan ujung pena ke dalam air dan hapus dengan tisu sampai bersih (alat yang terawat bisa awet)
  • Mengisi dengan Pen: kalian harus menggambar sketsa dengan halus, pokoknya tinggal ditegaskan oleh Pen saja (buat tipis-tipis dengan pensil B/ 2B) mulai dari gambar manusia dulu, baru backgroundnya. Lakukan Pen touch untuk menegaskan garis, terutama untuk membedakan tokoh manusia dari backgroundnya agar tampak alami. Kalau tinta mengering langsung hapus dengan penghapus (kalau garis pena nya jadi samar, sejak awal harus begini. Tegaskan garis pensil dengan pena dengan penuh semangat, garis tebal dan tipis harus jelas jangan sampai pudar kalau kena penghapus)
  • Background sangat penting: bikin sketsa dulu, pakai foto juga never mind lah. Pergi bersama teman dan potret sekelilingmu (jangan lupa perspektif background) harus rajin bikin background dan barang-barang kecil!
  • Saat komik sudah selesai: jika naskah sudah selesai, tinggal dibawa ke bagian editorial komik untuk cari pendapat (kamu harus menelepon untuk beberapa hari sebelumnya) jika sudah bertemu catat nasihatnya+tanya apa yang tak kamu mengerti (seperti apapun editor yang kalian dapat, kalian harus tetap semangat! pikirkan saja "karya ini harus selesai!" pokoknya percaya saja pada editor)
  • Akhirnya... tetap semangat meraih impian! (jika kalian akan membuat komik lagi, kalian mencontoh dari komik lain itu namanya PLAGIAT) Plagiat adalah tindakan yang paling memalukan dalam dunia kreasi, ada hak cipta dalam setiap karya. Kalau kau menjiplak gambar dari majalah fashion/mencuri foto dari internet itu namanya PLAGIAT juga (kamu harus mencari referensi kalau tak punya ide) kalau pakai foto yang dipotret sendiri baru boleh, yang paling penting adalah membuat karyamu sendiri. Cari ide sendiri, banyak nonton film, baca koran, buku dan majalah. Itu yang membuat wawasan makin kaya! Tetaplah berusaha mengejar impian, selamat berkarya! ^^



1 komentar: